Kamis, 04 Agustus 2011

Pengenalan Konsep Dasar Marketing (1)

Tulisan berikut merupakan ringkasan tutorial dari Steven R. Van Hook PhD yang videonya dapat dilihat di bawah tulisan ini:


Sebagai marketer atau pemasar kita harus memahami konsep-konsep dasar yang ada dalam marketing atau pemasaran.

Konsep pertama adalah Marketing Mix (campuran) yang umum disebut dengan 4P yaitu product, place (tempat), price (harga) dan promotion.

Produk merupakan barang atau jasa yang kita tawarkan, mulai dari sebotol air, asuransi kendaraan sampai dengan pendidikan. Termasuk disini adalah perancangan dan pegembangan produk dan juga branding (pe-merek-an) serta packaging (pem-bungkus/paket-an).

Place atau tempat merupakan dimana barang dan jasa ditransaksikan atau dijual. Atau bagaimana barang dikirimkan dari produsen ke pengguna (consumer). Berkat perkembangan internet yang pesat, hampir semua barang dan jasa, seperti makanan, buku, musik, pemesanan tiket, kursus, dan sebagainya bisa dipesan dan ditransaksikan dari mana saja dan kapan saja.

Price atau harga adalah jumlah uang yang harus dibayarkan pengguna ke produsen sebagai pengganti jasa dan barang yang dinikmati. Penetapan harga ini akan banyak menentukan keuntungan serta kelangsungan usaha. Harga pada saat ini juga telah dipengaruhi perkembangan internet, sekarang dengan mudah pengguna membandingkan harga produk-produk sejenis.

Promotion adalah bagaimana caranya agar calon pengguna mengetahui dan menginginkan jasa atau produk yang kita jual. Caranya antara lain melalui iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, pemasaran langsung ke pengguna, dan berbagai media lainnya.

Konsep 4P di atas merupakan konsep di era akhir 60-an ketika internet belum berkembang. Sekarang di era internet pengguna atau consumer dalam posisi yang lebih kuat karena mudahnya didapatkan informasi mengenai harga dan ketersediaan produk pesaing. Bahkan juga pendapat orang yang telah menggunakan produk jasa atau barang tersebut.

Dengan perkembangan situasi ini konsep marketing perlu ditulis ulang dengan lebih memperhatikan sudut pandang pengguna atau customer dengan memperkenalkan konsep 4C
yaitu Customer, Cost, Convenience, dan Communication

Customer yang dimaksud adalah Customer value atau nilai suatu produk (Product dari 4P) dipandang dari sisi pengguna.

Cost adalah Cost to customer atau biaya dari sudut pengguna yaitu harga (Price dari 4P) ditambah dengan biaya lainnya seperti biaya dan waktu ke toko, atau biaya pengiriman produk dari penjual ke pengguna atau customer.

Convenience adalah Convenience for the buyer atau kenyamanan bagi pembeli untuk mencapai tempat (Place dari 4P) untuk mendapatkan informasi maupun dalam transaksi penjualan/ pembelian.

Communication adalah komunikasi dua arah bukan lagi satu arah seperti dulu (Promotion dari 4P). Komunikasi ini juga berarti komunikasi dengan banyak orang termasuk pengguna produk yang berpengalaman sebelum pembeli atau calon pengguna mengambil keputusan pembelian

Konsep marketing berikutnya adalah Positioning dan Targeting. Ini dua aspek yang penting sehingga tetap dipakai dalam hubungannya dengan konsep 4P mau pun 4C.

Positioning adalah bagaimana menjawab pertanyaan apa yang membedakan produk tersebut dengan produk para pesaing. Begitu juga dengan nilai produk apa yang ditawarkan ke pengguna. Dan yang terakhir adalah dimensi produk yaitu apa yang bisa dilakukan oleh produk tersebut. Contoh positioning adalah apakah produk tersebut merupakan yang paling baru, paling baik, paling nyaman, paling murah, paling bagus nilai keseluruhan, paling keren, paling prestis, atau paling banyak fiturnya.

Targeting adalah menjawab pertanyaan untuk siapa kita memposisikan produk kita seperti itu.

Lengkapnya mengenai topik ini dapat disimak pada video berikut:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar